Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemahan Kitab Silsilah Qiro'ah Mustawa Robi'

terjemahan kitab silsilah qiro'ah mustawa robi'
terjemahan kitab silsilah qiro'ah mustawa robi'

Pelajaran pertama

Dari ayat Allah dalam alam

مطالب : permintaan - خفّاس : kelelawar - طائر : burung - أجنحة : sayap burung - تَفَادَى/يَتَفَادِي : menghindari - أجراس : lonceng - خيوط : benang - متين : yang kuat - متينة : yang kokoh - اِصْطَدَمَ/يَصْطَدَمُ : berbenturan

Betapa banyaknya gambaran-gambaran masa lalu yang sudah tertulis dengan kekuasaan Allah, kita mendengar nya tetapi kita tidak memperhatikannya, Karena kebiasaan yang telah menutupi pengetahuan kita dari kenyataan, dan bahkan kita keasyikan mencari kenikmatan dunia, kita tidak mendapatkan waktu untuk berfikir dari keajaiban ciptaan Allah.

Banyak orang melihat kelelawar dan mendengar darinya, dan kelelawar adalah burung yang kecil memiliki sayap yang tipis, badannya itu lebih besar daripada sayapnya, yang badannya hampir menyerupai badannya tikus kecil.

Sesungguhnya hewan ini mempunyai penglihatan yang sangat lemah, dan ia tidak terbang kecuali pada malam hari dan di tempat yang gelap yang tidak ada cahaya didalamnya, maka bagaimana ia bisa menghindari agar tidak terbentur disekelilingnya.

Ada seorang peneliti dari italia (sayalanzani) untuk melakukan percobaan lembut untuk mencari tahu kemampuan yang menakjubkan walaupun burung ini lemah, dengan lonceng lonceng kuat, kemudian menempelkannya di atap ruangan, di tempat yang berbeda-beda, dan menutupi cahaya di ruangan itu dan melepaskan kelelawar di dalamnya, untuk melihat apakah ia akan menghindari dengan benang itu, lonceng terikat tersebut tidak bergerak? Dan kelelawar tersebut terbang dengan cepat dan mahir, dan tidak ada lonceng yang bergerak!

Dan sebagian ulama membenarkan perkara bahwasanya kelelawar itu akan mengirimkan sinyal getaran-getaran dan akan dipantulkan kepadanya setelah ia bertabrakan dengan apapun yang ada di depannya, maka kelelawar itu akan menentukan halangan-halangan itu dan kejauhannya, maka ia menjauhinya, dan sinyal getaran-getaran itu akan memantul di segala arah dengan cepat dan tidak melewati potongan yang kedua kalinya, dan sinyal-sinyal pemberitahuan itu akan datang kepadanya, dan ia menentukan arah terbuangnya. Dan inilah teori yang berlandaskan radar modern dan yang digunakan membantu kita untuk meneliti sesuatu yang baru, seperti pesawat pengintai dan kapal selam.

Hal itu mirip seperti antara ikan dan kelelawar dalam penentuan arah gerakan dan menghindari tabrakan dari rintangan, maka ikan yang hidup di samudra Atlantik bagaimana ia menghindari rintangan dari bebatuan dan yang lainnya?

Para ulama' telah mempelajari fenomena ini, mereka meradioskop badan-badan ikan tersebut dengan mikroskop, mereka mendeteksi bahwa ikan dilengkapi dengan dua garis memanjang dari sel yang kecil disebelah badannya, maka apabila ikan mendekati batu ia akan menyadari perbedaan tekanan air walaupun perbedaannya kecil, dan ia merubah jalannya karena hal itu.

Sesungguhnya alam disekitar kita penuh dengan tanda-tanda petunjuk keesaan Allah, dan kekuasaannya yang tidak ada batas baginya, dan sesungguhnya pemikiran dalam mengagumkan ciptaan Allah beserta alamnya adalah ibadah dari ibadah-ibadah yang terbesar yang menuntun jiwa-jiwa, meringankan syaraf, dan mengisi hati dari ketakutan dan kecintaan terhadap penciptanya yang maha agung.

Posting Komentar untuk "Terjemahan Kitab Silsilah Qiro'ah Mustawa Robi'"