Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Bahasa Inggris dengan otodidak

Belajar bahasa Inggris dengan otodidak
Belajar bahasa Inggris dengan otodidak
ilmufid.com - bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan otodidak? cara belajar bahasa Inggris dengan otodidak? Saya akan memberikan beberapa ulasannya tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan otodidak atau disebut belajar bahasa Inggris dengan sendirian mari kita simak bersama artikel dibawah ini.

Sebenarnya ketika kita belajar bahasa asing, kita bisa mempelajarinya dengan banyak cara, bisa lewat sekolah, kursus, majalah, buku-buku, dan lain-lain.

Bukan hanya itu, kita bisa belajar bahasa Inggris dengan mandiri atau otodidak, yang dimana tanpa ada bimbingan seorang guru atau dosen atau mentor dan lain sebagainya.

Pada zaman sekarang ini, sudah banyak berbagai sumber ilmu yang bisa kita ambil dalam mempelajari sesuatu, seperti belajar berbagai bahasa asing contohnya, belajar bahasa Inggris online.

Dengan mudah kita bisa mendapatkan ilmu bahasa asing yang bisa kita gunakan dalam mempelajari bahasa asing, khususnya dalam mempelajari bahasa Inggris.

Untuk itu, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil ilmu-ilmu disana yang dapat membantu kita dalam belajar bahasa Inggris dengan otodidak, diantaranya :

Belajar lewat website

Sudah banyak website atau situs yang memberikan berbagai materi bahasa Inggris dari materi dasar sampai materi tingkat tinggi tersedia di berbagai situs di internet sana, hal ini akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam belajar bahasa Inggris dengan otodidak.

Karena belajar bahasa Inggris saat ini bukan hanya ada di sekolahan atau kursus bahasa Inggris tetapi kita bisa memanfaatkan berbagai media untuk mendapatkan ilmu bahasa Inggris lainnya.

Hanya dengan mencari di pencarian browser, kita bisa mendapatkan berbagai ilmu atau informasi lainnya di berbagai artikel di website yang ada disana, seperti materi belajar bahasa Inggris contohnya.

Dan kita bisa langsung menghafalnya ataupun membaca materi disana yang dimana di website itu adalah hal yang kita inginkan dan yang kita cari ketika kita belum tahu dan mengerti, maka kita bisa menggunakan website ini untuk belajar bahasa Inggris dengan otodidak.

Dengan begitu, kita akan mendapatkan banyak ilmu darinya tanpa adanya bimbingan seorang guru atau dosen atau mentor yang biasanya mengajar kepada muridnya.

Belajar lewat aplikasi belajar bahasa Inggris

Selain dari website, kita bisa belajar bahasa Inggris dengan otodidak juga dengan belajar lewat aplikasi belajar bahasa Inggris, aplikasi belajar bahasa Inggris ini sangatlah membantu kita untuk bisa belajar bahasa Inggrs dengan mudah.

Saat ini, ada banyak sekali para developer membuat aplikasi belajar yang tersedia di ponsel kita hanya dengan mengunduhnya di platform penyedia aplikasi di ponsel kita tentunya.

Dan juga banyak dari mereka membuat aplikasi belajar bahasa asing, seperti aplikasi belajar bahasa Arab, aplikasi belajar bahasa Jepang, aplikasi belajar bahasa Mandarin, dan juga aplikasi belajar bahasa Inggris.

Dengan adanya aplikasi belajar bahasa asing ini, kita menjadi semakin mudah dalam belajar berbagai bahasa asing yang kita sukai, contohnya dalam mempelajari bahasa Inggris.

Kita bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris ini di manapun dan kapanpun karena hanya dengan sentuhan ponsel kita bisa mendapatkan berbagai ilmu bahasa Inggris di dalam aplikasi belajar bahasa Inggris tersebut.

Apalagi banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang menyediakan ilmunya dengan bisa diakses offline tanpa harus tersambung ke internet, dengan begitu kita bisa belajar bahasa Inggris dengan otodidak dimana pun dan kapan pun yang kita mau lewat ponsel kita.

Belajar lewat buku belajar bahasa Inggris

Selain belajar lewat berbagai media kecanggihan teknologi saat ini, kita harus tetap belajar lewat buku-buku pembelajaran bahasa Inggris yang bisa kita dapatkan di toko-toko buku ataupun perpustakaan.

Karena apabila kita belajar hanya mengandalkan website atau aplikasi yang dimana membutuhkan device untuk bisa mengaksesnya, kita menjadi kesulitan dalam belajar bahasa Inggris ketika ponsel tersebut mati ataupun tidak ada data internet yang dibutuhkan untuk mengakses sebuah situs atau website.

Hal itu akan mempersulit kita dalam mempelajari bahasa Inggris dengan otodidak, karena kita hanya mengandalkan ponsel untuk belajar bahasa Inggris agar bisa digunakan untuk mendapatkan ilmu bahasa Inggris disana lewat website ataupun aplikasi belajar bahasa Inggris.

Sama seperti yang lainnya, belajar dengan buku bisa membuat kita belajar dengan otodidak yang dimana belajar bahasa Inggris tanpa bimbingan seorang guru, dosen, atau mentor yang mengajarkan kita tentang materi bahasa Inggris.

Dengan demikian kita bisa menggunakan kesempatan waktu kita untuk belajar bahasa Inggris dengan otodidak, karena tidak terikat oleh lembaga pendidikan yang ada.

Belajar lewat musik dan film

Selain belajar bahasa Inggris dengan buku, kita bisa juga mempelajari bahasa Inggris dengan mendengarkan musik atau melihat film yang dimana kita sangat menyukainya untuk mengisi waktu luang hiburan kita.

Bukan hanya kita bisa mendapatkan hiburan dari sana, kita juga bisa mendapatkan ilmu bahasa Inggris dari musik atau film berbahasa Inggris tersebut yang dapat membantu kita dalam belajar bahasa Inggris dengan otodidak.

Lewat musik, kita bisa mengetahui bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris yang bagus dan juga dengan musik bisa membantu kita dalam mengenali kosakata bahasa Inggris dan artinya yang baru dengan kita membaca lirik dari lagu berbahasa Inggris tersebut.

Dan lewat film, kita bisa belajar bagaimana cara penggunaan bahasa Inggris melalui pembicaraan para aktor film dan juga kita bisa mengetahui bagaimana cara membuat kalimat yang baik dan benar, selain itu apabila kita menggunakan subtitel maka kita bisa mempelajari cara mengartikan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Dengan begitu belajar bahasa Inggris kita akan menjadi mudah dan sederhana, karena hanya dengan menggunakan musik atau lagu dan menonton film berbahasa Inggris kita bisa mendapatkan berbagai ilmu atau informasi yang sangat banyak disana selain belajar di buku.

Dengan begitu kita bisa belajar bahasa Inggris dengan otodidak tanpa adanya bimbingan seorang guru, dosen, mentor atau lainnya.

Lewat media berbahasa Inggris

Selain belajar bahasa Inggris dengan musik atau lagu, kita juga bisa mendapatkan ilmu bahasa Inggris lewat media berbahasa Inggris.

Karena kita telah dipermudah untuk menemukan berbagai media luar negeri, maka ini adalah sebuah peluang emas dalam memanfaatkannya untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah tentunya.

Banyak media luar yang memberikan pembelajaran bahasa Inggris di berbagai media, seperti berita, literasi, ataupun video.

Ketika kita membaca berita luar negeri, kita akan melihat berbagai kosakata bahasa Inggris yang asing ataupun yang sudah kita ketahui, karena kita ingin mengetahui secara total apa isi berita disitu maka kita bisa berusaha mencari arti dari bacaan bahasa Inggris tersebut

Dengan begitu kita akan akan mendapatkan hafalan kosakata bahasa Inggris baru hanya dengan membaca berita luar negeri yang berbahasa Inggris tentunya.

Atau juga bisa dengan melihat video di berbagai media sosial, seperti YouTube, Instagram, Twitter dan lain sebagainya, belajar bahasa Inggris percakapan.

Hanya dengan mengetik sebuah kata kunci yang ingin dicari dan mencarinya maka langsung keluar berbagai macam video atau foto yang tersedia di sosial media tersebut, yang dimana sesuai dengan apa yang kita cari tadi.

Nah, dengan begitu kita bisa menggunakan sosial media ini dengan belajar bahasa Inggris yang dapat membantu kita dalam belajar bahasa Inggris dengan otodidak.

Apalagi ada banyak sekali tutorial dan panduan yang tersedia di sosial media tersebut, kita menjadi semakin dipermudah dalam mempelajari bahasa Inggris dengan otodidak yang sangat membantu kita.

Kesimpulan

Untuk belajar bahasa Inggris dengan otodidak ini, agar bisa dan baik dibutuhkan yang namanya niat dan tekad yang kuat, karena dengan itu kita bisa belajar bahasa Inggris dengan lancar dan mudah.

Juga terus mempelajarinya dengan rasa semangat dan juga kefokusan dalam belajar bahasa Inggris.

Sekian dulu pembahasan tentang belajar bahasa Inggris dengan otodidak ini, anda bisa baca artikel belajar bahasa Inggris lainnya di blog ilmufid ini, terimakasih.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Posting Komentar untuk "Belajar Bahasa Inggris dengan otodidak"