Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Belajar Bahasa Arab Pemula

tips memulai belajar bahasa arab
tips memulai belajar bahasa arab
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

ilmufid.com - Bagaimana cara belajar bahasa arab bagi pemula? Tips belajar bahasa arab? di artikel inilah kita akan belajar membahas tentang tips belajar bahasa arab bagi pemula dan berbagai hal yang harus dipersiapkan dan darimanaharus dimulai terlebih dahulu khususnya dalam mempelajari bahasa arab. Untuk itu, mari kita simak dan pahami isi dari artikel ini agar anda bisa memulai langsung belajar bahasa arab.

Niat

Hal yang pertama dan paling pertama dalam keinginan untuk mempelajari bahasa arab adalah niat.

Bukan hanya ketika mempelajari bahasa arab saja niat diperlukan, tetapi setiap amalan juga harus didasari dengan niat dan tentunya niat yang baik yang dimaksudkan.

Niat yang baik adalah niat yang mempunyai tujuan yang positif dan juga termasuk dari hal-hal yang bermanfaat.

Begitu pun sebaliknya, niat yang buruk adalah niat yang mempunyai tujuan yang lebih kearah negatif daripada arah positifnya, serta tidak mengandung dari hal-hal yang tidak bermanfaat adalah termasuk dari niat yang buruk.

Sebelum anda memulai mempelajari bahasa arab, anda harus menyiapkan niat yang baik terlebih dahulu.

Kenapa?

Karena segala hal yang diniati dengan baik maka ia akan mendapatkan hal yang ia niatkan dengan baik itu juga.

Sebaliknya apabila niatnya malah lebih banyak kearah negatif, saran saya lebih baik dihilangkan niat buruk tersebut karena ditakutkan akan berefek ke dalam proses kegiatan belajar itu yang membuat ilmu menjadi buruk juga tujuannya kedepannya.

Oleh karena itu, niatkan dari awal bahwa anda memulai belajar bahasa arab hanya untuk Allah ta'ala, yang dimana belajar bahasa arab termasuk bagian dari belajar agama islam. Siapkah? Simak lagi yuk tips belajar bahasa arab lainnya.

Semangat

Setelah mempunyai niat yang baik, tips belajar bahasa arab selanjutnya adalah dengan semangat, tanamkan pada diri anda bahwa belajar bahasa arab adalah bertujuan untuk lebih mengenal agama islam lebih lagi, dari sana anda akan merasakan bahwa belajar bahasa arab itu penting dan harus dikejar hingga bisa.

Kenapa?

Karena Al-Qur'an sebagai kitab suci agama islam yang diturunkan oleh Allah ta'ala melalui perantara malaikat Jibril alaihi salam kepada nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam dengan berbahasa arab.

Serta hadits-hadits yang mulia sebagai sumber dari ajaran agama islam juga dari bahasa arab.

Selain Al-Qur'an Al-Karim dan Hadits-hadits yang mulia tersebut, do'a-do'a yang kita sering pakai pun dalam berbahasa arab, seperti halnya ketika sholat yang setiap hari kita lakukan juga menggunakan bahasa arab, do'a-do'a sehari-hari yang terdapat pada kegiatan sehari-hari juga dalam bahasa arab.

Oleh karena itu, apabila anda ingin bisa memahami itu semua selain niat yang baik, hal selanjutnya adalah mempunyai semangat dalam mempelajari bahasa arab tersebut. Dan ingatlah bahwasanya ilmu tidak diperoleh oleh tubuh yang santai-santai.

Bukan hanya kita semangat ketika hendak mempelajari bahasa arab saja, namun dalam segala hal pun kita juga harus menanamkan rasa semangat yang memotivasi tubuh agar kegiatan tersebut terlaksana dengan penuh rasa ikhlas dan tulus tanpa rasa terbebani yang memberatkan diri. Siapkan diri anda!

Mulai belajar

Tips belajar bahasa arab lainnya mempunyai niat baik sudah, semangat besar juga udah, sekarang tinggal langsung memakainya dengan memulai mempelajarinya, dari hal kecil yang terus-menerus konsisten saja terlebih dahulu supaya kondisi otak dan pikiran tidak terlalu terbebani yang dimana akan membuat ingatan pelajaran tadi akan susah diingat.

Dari hal-hal kecil terlebih dahulu asalkan konsisten lebih dibandingkan membaca langsung tanpa dimengerti dahulu, karena bahasa arab termasuk bahasa yang terkenal sulit dipelajari dibandingkan bahasa-bahasa lainnya.

Pelan-pelan asalkan paham, jangan terlalu memaksa keadaan, sekiranya anda telah paham sebuah pelajaran baru dan keadaan otak masih mampu untuk menampung ilmu baru maka silahkan untuk melanjutkan belajar ke pembahasan selanjutnya yang anda inginkan.

Memulai belajar bahasa arab adalah hal yang paling penting dalam memulai belajar bahasa arab bagi pemula, selain menyiapkan niat yang tulus, bersemangat, dan rajin, ini termasuk tips belajar bahasa arab pemula.

Konsisten dan konsentrasi

Belajar bahasa arab membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, bertahun-tahun lamanya tetap merasa kurang.

Bagi yang baru memulai belajar bahasa arab, anda adalah orang terpilih dari sekian juta orang muslim di dunia ini, tetap fokus dan semangat dalam mempelajarinya, serta jangan lupa untuk tetap berdo'a kepada Allah ta'ala agar diberi kemudahan dalam melakukan sesuatu khususnya belajar bahasa arab ini.

Menghafal kosakata, membaca bacaan berbahasa arab, mendengarkan orang berbahasa arab, mencoba langsung berbicara dengan berbahasa arab adalah pintu-pintu dalam mendalami atau mempelajari bahasa arab. Dan tidaklah sebuah pintu bisa dibuka dengan baik kecuali dengan kunci.

Apa yang dimaksud dari kunci tersebut?

Kunci tersebut adalah konsisten. Dengan didasari dengan niat yang baik dan semangat yang tinggi membuat belajar bahasa arab makin mudah, tidak hanya cukup dengan dua hal itu saja, belajar dengan konsisten adalah salah satu kunci dalam mempelajari bahasa arab.

Belajar dengan konsisten membuat otak makin terbiasa dan paham dengan ilmu tersebut. Semakin anda banyak belajar, menghafal, dan mempraktekkannya langsung, insyaallah akan lebih mudah dan cepat dalam memahami bahasa arab..

Konsisten harus diselipkan dengan yang namanya konsentrasi.

Tidaklah berarti bahwa belajar terus-menerus dan sudah menghafalnya, tetapi ilmu tersebut yang telah dipelajari dan dipahami malah salah dan keliru. Ini adalah masalah yang besar.  Jangan sampai anda menjadi salah satunya.

Tetap berkonsentrasi dalam belajar, dan jika sudah selesai belajar anda bisa langsung mempraktekkannya dan melihat juga catatan yang menjadi sumber referensi belajar anda. Agar tidak salah dan keliru seperti kejadian tadi diatas.
Dimengerti?

Mengaplikasikannya

Setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya anda belajar bahasa arab, tidak ada gunanya apabila tidak digunakan. Balik lagi ke hal yang pertama dipersiapkan dalam mempelajari bahasa arab yaitu niat. Sudahkah tujuan anda yang anda niatkan itu tercapai?

Mengaplikasikan bahasa arab ada banyak hal yang bisa anda coba, antara lain :
Menulisnya, bahasa arab yang telah dipelajari yang membutuhkan tenaga dan waktu yang sangat banyak itu, bisa anda gunakan lewat media tulisan.

Apalagi jika anda adalah orang yang mempunyai hobi menulis. Maka kegiatan ini sangat mudah anda lakukan dan tanpa disuruh pun anda sudah menulisnya di berbagai media lainnya yang ada.

Mengucapkannya, apabila sudah belajar bahasa arab, anda pasti pernah mengucapkan yang dimana anda tanpa tau makna dan susunan yang benar. Hal itu tak mengapa asalkan kita berani untuk menggunakannya langsung tidak menutupinya hanya di dalam pikiran saja, ini adalah tips belajar bahasa arab pemula lainnya.

Berusahalah agar lebih fasih dalam berbicara bahasa arab. Ingat tujuan anda mempelajarinya. Jangan pernah menyerah dan putus asa. Karena Allah Subhanallahu wata'ala telah memerintahkan agar berdo'a menyembahnya. Dan pasti akan dikabulkan olehnya. Aamiin ya rabbal'alamin.

Kesimpulan

Belajar bahasa arab membutuhkan niat yang baik dan tujuan yang positif. Dahulukan mempelajari agama Islam, agar kita makin paham dan mengerti apa saja yang dimaksud oleh mempelajari bahasa arab. Semangat yang membara dilengkapi dengan konsisten dan konsentrasi membuat belajar bahasa arab makin mudah dan cepat. Insyaallah. Itulah tips belajar bahasa arab dari saya.

Nah, bagaimana? Sudah mendapatkan bayangan kedepannya? Sudahkan anda siap untuk belajar bahasa arab? Katakan siap dalam komon komentar dibawah artikel ini ya. Terimakasih.

Sampa disini dulu artikel tentang tips belajar bahasa arab, berharap anda tertarik untuk belajar bahasa arab. Sekian dulu pembahasan tentang mempelajari bahasa arab bagi pemula. Sampai jumpa...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Post a Comment for "Tips Belajar Bahasa Arab Pemula"