Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Mudah Belajar Bahasa Arab

Metode mudah belajar bahasa arab
Metode mudah belajar bahasa arab
ilmufid.com - Bagaimana cara agar mudah ketika belajar bahasa arab? Cara mudah belajar bahasa arab untuk pemula? Nah, disini saya akan memberikan beberapa metode mudah belajar bahasa arab yang bisa anda gunakan untuk mempermudah anda dalam belajar bahasa arab. Penasaran? Mari baca artikel dibawah ini dengan baik.

Ada sangat banyak metode mudah belajar bahasa arab yang bisa anda lakukan, diantaranya :

Menghafal kosakata dengan konsisten

Bahasa arab memiliki sangat banyak sekali makna dan perubahan kata, mau tidak mau kita harus bisa mempelajari semua itu.

Oleh karena itu, memperbanyak hafalan kosakata bahasa arab memiliki peran yang sangat penting sekali dalam memahami makna dan perubahan kata dari bahasa arab itu sendiri.

Dengan menghafal kosakata bahasa arab dengan artinya yang dimana dilakukan dengan konsisten dan juga rasa semangat yang tinggi akan membuat diri kita semakin mudah dalam melewati kesulitan-kesulitan pada awal proses belajar bahasa arab.

Semakin anda rajin dan tekun menghafal kosakata bahasa arab maka akan semakin mudah anda memahami berbagai macam tulisan arab atau bacaan arab selain memperkaya hafalan kosakata bahasa arab.

Banyak cara untuk bisa menghafal kosakata bahasa arab, antara lain :
  • Membaca kamus bahasa arab : membaca kamus bahasa arab membuat anda mengetahui berbagai bentuk dari perubahan sebuah kata dalam bahasa arab tersebut, dari persamaan kata, perubahan kata, dan juga arti atau terjemahan dari kata bahasa arab tersebut.
  • Membaca tulisan bahasa arab dan artinya : dengan membaca tulisan arab berserta terjemahannya, kita akan menjadi mengerti dari apa yang tulisan tersebut maksud, juga dapat menambah hafalan kosakata bahasa arab yang belum pernah dihafalkan sebelumnya.
  • Mendengarkan dari berbagai media : bukan hanya membaca saja yang bisa anda gunakan untuk menghafal kosakata, anda bisa juga dengan mendengarkan seseorang berbicara dengan berbahasa arab di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan media lainnya yang anda sukai. Bagi anda yang sudah lelah dengan membaca tulisan arab, mendengarkan bahasa arab adalah hal yang sangat cocok untuk anda, tidak butuh buku dan pulpen untuk belajar, hanya butuh device dan platform yang anda inginkan untuk mendengarkan seseorang berbicara bahasa arab.

Mengulangi dan mengingatnya

Setelah anda menghafal berbagai kosakata bahasa arab, hal selanjutnya adalah terus mengingatnya dan juga mengulanginya apabila anda lupa.

Karena lupa kosakata akan membuat anda menjadi kesulitan lagi ketika belajar bahasa arab ke jenjang berikutnya, hal itu akan membuat anda semakin banyak lagi menghabiskan waktu dan tenaga yang digunakan untuknya.

Semakin anda memperbanyak kosakata bahasa arab, anda akan semakin-makin mudah dalam belajar bahasa arab ke level selanjutnya yang lebih sulit dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Dengan memperkuat ingatan kosakata bahasa arab maka anda akan semakin mudah dalam menghafal kosakata, itu akan menjadikan anda makin kaya akan kosakata bahasa arab, itulah cara mudah belajar bahasa arab untuk pemula.

Selain itu, dengan banyaknya kosakata bahasa arab di kepala, pelajaran shorof (perubahan kata) pun akan terasa lebih mudah dibanding dengan yang sedikit hafalan kosakata bahasa arabnya.

Segitu pentingnya sebuah hafalan bahasa arab, karena ia adalah hal dasar dan hal yang sangat-sangat penting dalam mempelajari bahasa arab sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya yang pasti membutuhkan banyak kosakata agar paham dari berbagai pelajaran tersebut.

Mempraktekkannya

Setelah mempelajarinya secara teori, agar pelajaran bahasa arab tersebut semakin kuat dalam ingatan dan fasih dalam berbahasa, hal selanjutnya adalah mempraktekkannya secara langsung, bisa dengan berbicara, bercerita, berpuisi ataupun berkhutbah.

Dengan demikian, belajar bahasa arab bukan hanya sekedar membaca dan menulis saja, tetapi bisa dan sanggup dalam berucap bahasa tersebut, itu akan membuat diri menjadi lebih bersemangat untuk mendalami lebih lagi bahasa arab dan juga mudah belajar bahasa arab untuk pemula.

Latihlah diri anda dalam mengucapkan bahasa arab, mulai dari percakapan bahasa arab, berterima kasih dalam bahasa arab, minta maaf dalam bahasa arab, ataupun meminta sesuatu dengan berbahasa arab, itu akan membuat anda semakin terbiasa dengan menggunakan bahasa arab sehari-hari.

Atau bisa juga dengan bercerita sesuatu ketika sendirian, apabila kita melihat sesuatu dan kita tahu bahasa arabnya sesuatu tersebut maka kita bisa bercerita dengan menggunakan bahasa arab mengenai sesuatu yang anda lihat tadi dengan kosakata yang telah kita hafalkan, itu juga akan membuat diri kita menjadi lebih mudah dalam mengucapkan bahasa arab.

Selain itu, bisa juga dengan bercakap-cakap dengan teman anda atau orang lain menggunakan bahasa arab, selain sebagai tempat praktek berbicara bahasa arab, ia juga bisa dijadikan sebagai tempat belajar kita selain buku dan media sosial yang dimana teman atau orang lain yang anda ajak bicara tersebut bisa memperbaiki berbagai kesalahan kita dalam mengucapkan atau menggunakan bahasa arab ketika dalam percakapan bahasa arab.

Ketika ingin bercakap-cakap dengan berbahasa arab, sebaiknya kita sudah menghafal berbagai pertanyaan yang akan ditanyakan serta sudah siap dengan berbagai jawaban menggunakan bahasa arab yang akan disampaikan kepada lawab bicara nanti,

Hal itu akan membuat kita menjadi lebih siap dan matang ketika bercakap-cakap dengan lawan bicara menggunakan bahasa arab.

Oleh karena itu, setelah menghafal berbagai kosakata bahasa arab, cobalah untuk mempraktekkannya dengan berbagai cara yang bisa anda lakukan, itu akan membuat anda semakin kuat hafalannya dan semakin mudah belajar bahasa arab ke jenjang berikutnya, maka praktek adalah metode mudah belajar bahasa Arab yang sangat penting.

Rajin membaca tulisan arab

Setelah menghafalkan banyak sekali kosakata atau mufrodat bahasa arab, anda bisa langsung mencari buku, kitab arab, atau bacaan arab yang penting didalamnya terdapat tulisan berbahasa arab yang bermakna.

Membaca tulisan arab ini akan membuat kita berfikir keras untuk mengartikan dan memahami sebuah tulisan arab dalam buku, kitab atau bacaan arab tersebut, hal itu akan membuat fikiran menjadi lebih fokus dalam belajar, karena kita akan semakin ingin tahu atas arti dan maksud dari tulisan arab tersebut.

Selain itu, dengan sering membaca tulisan arab, kita akan semakin tahu bagaimana cara merangkai sebuah kalimat yang baik dan bermakna, membuat kalimat dalam bahasa arab adalah kemampuan yang sangat penting dalam mempelajari bahasa arab.

Setelah mempunyai banyak kosakata anda bisa menggunakannya dengan membuat berbagai kalimat, dengan begitu anda akan semakin mudah dalam belajar bahasa arab ke jenjang berikutnya.

Untuk bacaan berbahasa arab, anda bisa cari kitab-kitab tersebut di berbagai media atau bisa membelinya di toko-toko yang anda sukai, selagi itu bermanfaat dan dibutuhkan, atau bisa juga buku berisikan tulisan arab dan artinya, seperti buku hadits 'arbain yang sekecil saku atau buku kumpulan pidato bahasa arab.

Selain anda hanya membacanya dan mengartikannya saja, anda bisa sekalian menghafalkan tulisan arab itu, seperti hadits atau pidato bahasa arab, itu akan membuat anda semakin banyak menguasai beberapa macam hal dalam bahasa arab selain bisa berbicara bahasa saja ataupun mengartikan bacaan arab.

Dan juga manfaat dari mempelajari bahasa arab juga salah satunya adalah memudahkan dalam menghafal hadits-hadits selain Al-Qur'an. Hadits-hadits yang berbahasa Arab tentunya, lebih bagus lagi kalau anda menghafal hadits berbahasa arab beserta artiannya, lebih bagus lagi anda bisa menjelaskan apa yang dimaksud dari sebuah hadits tersebut (syarh).

Itu membuat anda semakin mantap dalam mempelajari bahasa arab, selain belajar nahwu dan shorof ataupun bacaan arab (qiro'ah).

Tapi ingat, bahwasanya mempelajari apapun atau melakukan segala sesuatu harus didasari oleh niat yang baik serta bermanfaat, apapun yang hendak dilakukan niatkanlah dengan niat yang baik dan benar, agar kegiatan tersebut menjadi berkah dan manfaat untuk diri kita sendiri dan orang lain. Oke?

Pelengkap

Setelah menghafalkan berbagai macam jenis pelajaran di bahasa arab, dalam metode mudah belajar bahasa Arab seperti tata bahasa (nahwu), perubahan kata (shorof), bacaan arab (qiro'ah), tulisan arab (kitabah), tafsir, hadits, sejarah arab, ataupun sastra arab, dan lain sebagainya.

Niatkan bahwa kita belajar itu semua hanya untuk Allah ta'ala, yang dimana belajar bahasa arab termasuk sebagai mendalami dan mempelajari agama islam, selain diniatkan sebagai ibadah.

Juga ketika belajar bahasa arab harus dengan semangat yang besar, karena ilmu tidaklah didapat dari badan yang bersantai-santai.

Belajar bahasa arab juga membutuhkan ketelitian yang tinggi, oleh karena itu fokus dalam mempelajarinya adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh para pelajar bahasa arab itu sendiri juga.

Belajar bahasa arab pun juga harus dipaksakan, tidaklah bisa kita mendalaminya apabila kita tidak memaksa diri kita untuk mendalaminya, buatlah tujuan atau cita-cita dari belajar bahasa arab ini, agar semakin fokus dan semangat dalam mempelajarinya dan menghadapi berbagai macam kesulitan yang ada.

Jangan lupa untuk tetap dan terus berdo'a kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan dan keimanan yang sangat indah ini, juga yang telah memberikan kita kepahaman dan fikiran yang bisa kita gunakan untuk mempelajari agamanya, yaitu agama islam.

Kesimpulan

Dari artikel ini kita belajar bahwasanya ketika memulai sesuatu hendaknya dimulai dengan niat yang baik dan benar serta bermanfaat untuk diri sendiri ataupun orang lain, juga dibarengi oleh rasa semangat yang tinggi dalam melakukan sesuatu akan membuat kegiatan tersebut menjadi lebih mudah dikerjakan, khususnya dalam mempelajari bahasa arab.

Oleh karena itu, belajar bahasa arab bukan hanya sekedar menghafal, membaca, berbicara saja, tetapi bagaimana dengan ilmu tersebut kita dapat bermanfaat bagi orang lain yang ada di sekitar kita ataupun yang tidak kita kenal, ingatlah bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Juga dalam melakukan sesuatu jangan lupa untuk senantiasa berdo'a meminta, memohon, mengingat kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan hidup dalam dunia ini, sehingga kita dapat mempelajari agamanya yaitu islam dan bahasa yang mulia itulah bahasa arab.

Cukup sampai disini artikel tentang metode mudah belajar bahasa arab, untuk anda yang ingin mengetahui cara mudah belajar bahasa arab untuk pemula lebih lanjut anda bisa cek di blog ini, terimakasih.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Posting Komentar untuk "Metode Mudah Belajar Bahasa Arab"