Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Belajar Bahasa Arab?

Berapa lama belajar bahasa arab?
Berapa lama belajar bahasa arab?
ilmufid.com - Berapa lama belajar bahasa arab? Disini saya akan membahas tentang berapakah waktu yang dibutuhkan ketika belajar bahasa arab dan berapa lama belajar bahasa arab sebenarnya?

Dalam belajar bahasa asing, seperti belajar bahasa inggris, belajar bahasa jepang, juga tentunya dalam belajar bahasa arab dibutuhkan yang namanya niat yang sudah ada dalam dirinya, karena ia adalah modal utama seseorang untuk mempelajari bahasa asing, khususnya dalam mempelajari bahasa arab.

Niat yang bagus

Belajar bahasa arab tidaklah cepat, ia bisa membutuhkan waktu sangat lama yaitu bertahun-tahun lamanya, bukanlah berbulan-bulan atau bahkan berhari-hari agar semakin fasih dan pandai.

Tapi apabila anda memiliki niat yang kuat dan tulus maka mungkin akan terasa lebih mudah dan cepat, inilah salah satu cara belajar bahasa arab dengan mudah dan cepat yang bisa anda lakukan.

Semakin bagus niat anda maka akan semakin cepat juga anda memahami bahasa arab, dan dengan itu waktu dalam mempelajari bahasa arab akan semakin tipis juga, jadikan niat sebagai hal yang serius ketika hendak mempelajari bahasa arab.

Sebenarnya, bukan hanya ketika belajar bahasa arab saja kita mempunyai niat dalam melakukan sesuatu dengan niat yang baik dan bagus, tetapi di setiap amalanlah juga harus didasari oleh niat yang tulus dan baik, berapa lama belajar bahasa arab menjadi tergantung atas niat anda.

Niat yang baik akan mendapatkan balasan yang sesuai yang diinginkan, yaitu tentunya hal yang baik juga, itulah mengapa niat yang baik menjadi hal yang sangat wajib dilakukan setiap orang ketika hendak melakukan sesuatu pada umumnya, dan tentunya dalam mempelajari bahasa arab.

Optimis

Belajar bahasa arab sangatlah membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Jangan sampai anda berhenti di tengah proses hanya karena anda malas dan tidak penuh semangat.

Buatlah sebuah tujuan atau cita-cita yang hendak anda ingin capai di otak anda, itu akan membuat anda semakin bersemangat dan beroptimis dalam melakukan sesuatu, khususnya dalam mempelajari bahasa arab yang mulia ini.

Dengan begitu ketika belajar bahasa arab anda akan semakin mudah dalam melewati kesulitan-kesulitan yang ada, karena semua itu akan kalah dengan semangat yang anda punya.

Teruslah ingat bahwasanya Allah SWT tidak akan menyusahkan hambanya ketika hambanya tersebut bangkit dan siap menghadapi berbagai halangan dan ujian yang ada, apalagi ketika belajar bahasa arab yang sangat banyak sekali hal-hal tersebut.

Kejarlah cita-cita yang ada di dalam fikiranmu itu, jangan sampai waktu dan tenaga yang telah dikeluarkan selama ini tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat sekalipun itu sedikit tidaklah mengapa.

Rajin

Ketika belajar bahasa arab, ada banyak pelajaran yang harus dipelajari dari yang dasar seperti perbanyak kosakata sampai belajar nahwu dan shorof adalah hal yang harus dihafal dan dipelajari oleh pelajar bahasa arab.

Dan tidaklah semua itu dilewati kecuali dengan rajin dan tekun menghafal, membaca ataupun mendengarkan.

Semakin anda banyak belajar dan menghafal maka semakin mudah juga anda belajar bahasa arab, yang dimana belajar bahasa arab tidaklah lama bagi anda jika telah menguasai hal dasar tersebut, kosakata dan nahwu shorof.

Ketika kosakata (mufrodat) bahasa arab sudah anda hafal banyak, maka itu akan membuat anda semakin mudah dalam membaca bacaan arab entah itu di kitab-kitab arab, kumpulan sya'ir dan juga hadits-hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Nahwu dan shorof juga menjadi hal dalam selanjutnya yang harus dikuasai agar anda belajar bahasa arab tidak memakan waktu dan tenaga yang banyak, karena ilmu nahwu dan shorof ini adalah sebuah ilmu yang mengatur tentang bagaimana kalimat bahasa arab itu benar dan bermakna, seperti hal nya grammar pada pelajaran bahasa inggris.

Berdo'a

Tetap kita dalam melakukan sesuatu apapun itu, tetap harus didasari oleh do'a yang dimana kita meminta hanya kepada Allah ta'ala, belajar bahasa Arab percakapan

Karena dalam kegiatan apapun itu pasti ada yang namanya halangan atau ujian yang menghalangi kita untuk menyelesaikan suatau pekerjaan tersebut, khususnya dalam mempelajari bahasa arab, yang dimana sangat banyak sekali materi yang harus dihafal

Itulah mengapa, kita harus senantiasa berdo'a kepada Allah SWT agar selalu diberi kemudahan dan kelancaran dalam proses belajar bahasa arab.

Karena tanpa rahmat dan hidayah darinya, sekeras apapun kita bekerja atau belajar tidak akan pernah bisa mudah apabila kita tidak pernah meminta kepada pemiliknya, Allah SWT.

Karena Allah SWT lah yang mengatur alam semesta ini dan mengatur hidup dan mati seseorang, jangan sampai kita lupa akan pentingnya sebuah do'a dari Allah SWT, karena kita sebagai manusia hanyalah bisa meminta dan memohon dan Allah ta'ala lah yang mengaturnya.

Wallahu'alam.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Belajar Bahasa Arab?"