Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Bahasa Arab Sehari-hari

Belajar bahasa arab sehari-hari
Belajar bahasa arab sehari-hari
ilmufid.com - Tips belajar bahasa arab sehari-hari? Disini saya akan membahasnya lebih lanjut tentang bagaimana cara belajar bahasa arab sehari-hari agar semakin lancar dan mudah dalam mempelajarinya.

Dalam belajar bahasa arab, selain menghafal kosakata (mufrodat), kita harus menggunakan nya dalam kegiatan sehari-hari, apa saja? Simak artikel dibawah ini.

Berbicara sendirian

Setelah menghafalkan berbagai kosakata (mufrodat), mempelajari nahwu dan shorof, ataupun telah belajar ta'bir, hal selanjutnya adalah mencoba berbicara dengan menggunakan bahasa arab.

Dimulai dari yang paling sering kita lihat, yaitu benda-benda di sekitar kita, kemudian buatlah sebuah kalimat pendek dari benda yang kita lihat tersebut dengan menggunakan bahasa arab, kalimatnya juga harus yang sederhana agar kita juga mengerti apa yang kita bicarakan.

Kalimat yang sederhana, singkat dan jelas-lah yang harus kita buat dari benda-benda di sekitar kita yang kita lihat tersebut, dari sini kita bisa belajar membuat kalimat dengan spontan serta tidak menulisnya di buku catatan bahasa arab, tetapi langsung spontan membuat kalimatnya dengan bahasa arab yang telah kita hafalkan dan fahami.

Dengan cara ini, bukan hanya berlatih membuat kalimat saja yang bisa kita dapatkan disini, tetapi juga kita bisa mengulang kembali hafalan kita yang mungkin saja kita telah lupa dengan apa bahasa arabnya tersebut, yang dimana dengan melihat benda lalu diterjemahkan ke dalam bahasa arab akan membuat kita semakin berfikir untuk mengingat-ingat apa bahasa arabnya tersebut di otak kita.

Selain itu, semakin sering mengulang-ulang kosakata bahasa arab dan artinya yang telah kita hafalkan dengan melihat benda di sekitar kita lalu diterjemahkan ke dalam bahasa arab, kita dapat dengan mudah menghafalkan berbagai benda di sekitar dengan bahasa arab dan artinya.

Dengan itu kita dapat memperkaya kosakata (mufrodat) dalam diri kita dan akan dengan mudah bisa digunakan langsung ketika berbicara bahasa arab sehari-hari.

Atau bisa juga dengan bercakap-cakap bahasa arab (muhadatsah) dengan menggunakan cermin, berbeda dengan bercakap-cakap dengan orang lain, ketika kita berbicara dengan cermin kita bisa berlatih ekspresi agar semakin nyaman dilihat orang lain ketika berbicara dengan kita.

Cara ini juga bisa digunakan untuk berlatih mengatur raut wajah dan ekspresi ketika berpidato ataupun public speaking. Tentunya dengan menggunakan bahasa arab.

Berbicara bahasa arab ketika sendirian juga bisa dengan bercerita tentang apapun, entah itu kegiatan sehari-hari, hobi yang kita miliki, bercerita tentang kehidupan sastrawan, dan lain-lain.

Dengan itu, anda bisa berbicara beberapa kalimat yang panjang berbahasa arab yang dibuat dengan spontan dan tidak dirangkai di buku catatan melainkan langsung berbicara dengan berbahasa arab yang sudah kita hafalkan terlebih dahulu dan merangkainya sedemikian rupa dengan ilmu yang telah kita pelajari yaitu nahwu dan shorof.

Saling berbicara dengan orang lain

Setelah sudah bisa membuat kalimat-kalimat berbahasa arab, hal selanjutnya adalah mengembangkannya dengan cara berbicara langsung dengan orang lain tentunya dengan menggunakan bahasa arab.

Dengan itu kita bisa mengeluarkan kosakata-kosakata yang telah dihafal kepada orang lain yang dimana itu bisa melatih kita dalam menggunakan kosakata bahasa arab selain bercerita atau membuat kalimat pendek maupun panjang, karena ketika berbicara dengan orang lain kita bisa bertanya.

Kemudian mendengarkan jawabannya lalu bisa juga dengan menjawab pertanyaan yang dia tanyakan kepada kita, tentunya dengan menggunakan bahasa arab sesuai nahwu dan shorof yang telah kita pelajari sebelumnya.

Sering berbicara dengan orang lain adalah salah satu cara belajar bahasa arab sehari-hari agar semakin mudah dalam mempelajari bahasa arab selain menulis dan menghafalkannya.

Oleh karena itu, seringlah anda berbicara dengan menggunakan bahasa arab dan juga terus mempelajari bagaimana cara membuat kalimat tanya yang benar dan membuat kalimat yang baik agar bisa dimengerti oleh seseorang yang kita ajak bicara nantinya, dengan begitu belajar bahasa arab semakin mudah.

Terus belajar

Walaupun sudah lancar berbicara ataupun membuat kalimat bahasa arab dengan baik, kita harus meningkatkan hal lain dalam bahasa arab lainnya, seperti bercerita, berpidato, berceramah dan lain-lain, juga tetap menghafal berbagai kosakata-kosakata bahasa agar semakin banyak dan luas.

Seperti persamaan kata, lawan kata, perubahan kata dan lain sebagainya, itu semua sangatlah penting untuk terus dipelajari agar kita dalam belajar bahasa arab semakin berkembang ke arah yang lebih banyak lagi, belajar bahasa Arab percakapan

Belajar bahasa arab bisa dilakukan dengan banyak cara, antara lain : menghafalnya, berbicara, mendengar, menulis, membaca kemudian dilakukan dengan konsisten.

Teruslah bersemangat dalam mempelajari bahasa arab sehari-hari agar anda semakin bisa dalam menguasai bahasa yang mulia ini.

Cukup sampai disini dulu artikel tentang belajar bahasa arab sehari-hari, diharapkan akan semakin mudah dalam mempelajari bahasa arab ini, Anda bisa baca artikel lainnya tentang cara belajar bahasa arab lainnya di blog ini. Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Posting Komentar untuk "Belajar Bahasa Arab Sehari-hari"