Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Bahasa Arab dengan Artinya

Cara belajar bahasa arab dengan artinya
Cara belajar bahasa arab dengan artinya
ilmufid.com - Cara belajar bahasa arab dengan artinya? Cara belajar bahasa arab mudah? Di artikel inilah saya akan membahasnya, tentang berbagai tips belajar bahasa arab dengan artinya dan bisa juga dilakukan dengan mudah. Penasaran? Mari bacaartikel dibawah ini.

Ada beberapa cara untuk belajar bahasa arab agar mudah dengan artinya, diantara lain :

Membaca kamus

Ketika kita belajar bahasa asing, hal yang pertama harus dikuasai adalah membaca kamus.

Dengan kamus, ketika kita akan mencari arti atau terjemahan dari sebuah kata yang kita tidak ketahui, maka kamus tersebut akan mempermudahkannya.

Apabila kita tidak mengerti bagaimana cara membaca kamus yang baik dan benar, maka bagaimana nanti bisa mengetahui apa arti atau terjemahan dari sebuah kata bahasa asing tersebut?

Maka, membaca kamus sangatlah penting bagi anda yang sedang belajar bahasa asing, khususnya bahasa arab.

Pelajarilah bagaimana cara membaca kamus yang baik dan benar agar anda bisa mengetahui bahasa arab dengan artinya.

Bukan hanya itu, anda juga harus rajin membacanya, agar semakin terbiasa dengan kamus, itulah salah satu cara belajar bahasa arab dengan artinya agar semakin mudah mempelajari bahasa yang mulia ini.

Dengan demikian anda akan semakin mudah mencari tahu arti dari kata bahasa arab itu sendiri, dan karena rajin membacanya, otak juga dapat menghafal berbagai kosakata baru dari kamus bahasa arab tersebut.

Sangatlah penting sebuah kamus bagi pelajar bahasa arab. Anda bisa mendapatkan kamus dari toko-toko atau juga bisa dengan media lainnya seperti aplikasi di handphone, laptop, komputer, dan tablet anda.

Ingatlah bahwa ketika mendapatkan kosakata bahasa arab yang anda belum tahu artinya, carilah langsung di kamus anda tersebut dan menghafal kosakata itu, maka hafalan kosakata anda akan semakin banyak dan cepat.

Membaca kitab berbahasa arab

Setelah bisa membaca kamus yang dimana itu adalah kemampuan dasar dari belajar bahasa arab, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah sering membaca kitab yang berbahasa arab.

Dengan membaca bacaan berbahasa arab, kita akan banyak menemukan berbagai kosakata baru, apabila ada kosakata yang tidak diketahui artinya maka anda bisa langsung mencari artinya tersebut di kamus anda tadi dan bisa langsung menghafalnya baik-baik, lebih bagus lagi kalau anda mau menulisnya di sebuah catatan khusus yang hanya diisikan oleh kosakata baru yang baru anda tahu artinya, cara belajar bahasa arab yang lainnya.

Membaca kitab berbahasa arab juga akan memaksa kita untuk paham dari tulisan-tulisan yang tertulis disana, itu akan membuat kita semakin penasaran akan isi dari kitab tersebut dan membuat kita semakin ingin tahu arti dari berbagai kosakata bahasa arab disana, yang akan memperkaya kosakata bahasa arab kita, seperti terjemahan kitab silsilah ta'lim lughah al arabiyyah fikih ini.

Selain itu, sering membaca kitab berbahasa arab juga akan membuat kita semakin mudah mengetahui tata bahasa dan perubahan kata dari bahasa arab, yang dimana akan mempermudah kita untuk membuat kalimat-kalimat menggunakan bahasa arab.

Ada banyak sekali kitab-kitab bahasa arab yang mudah dipelajari, salah satunya ada kitab silsilah ta'limil lughah al-arabiah atau kitab silsilah lipia yang dimana anda bisa baca di artikel lainnya di blog ini.

Membiasakan menggunakannya

Ketika kita tahu banyak dari kosakata bahasa arab, cara belajar bahasa arab dengan artinya yang lainnya adalah anda bisa langsung menggunakannya di berbagai tempat dan kondisi, seperti ketika anda melihat sesuatu benda atau hal sebagainya, maka anda langsung menyebutkan bahasa arabnya, lebih bagus lagi langsung membuat sebuah kalimat yang panjang dari benda tersebut, itu akan semakin mempermudah anda dalam berbicara bahasa arab dan merangkai sebuah kalimat.

Atau bisa juga ketika anda sedang mendengarkan orang berbicara bahasa yang anda tahu artinya anda bisa langsung terjemahkan kedalam bahasa arab, itu akan mempermudah anda mendapatkan ide untuk anda gunakan ketika anda berbicara dengan menggunakan bahasa arab kepada siapapun.

Bisa juga dengan bercerita dengan menggunakan bahasa arab, dari yang dasar dulu, seperti kegiatan sehari-hari dari pagi sampai malam hari, anda bisa tulis terlebih dahulu dengan bahasa arab tentunya lalu anda bisa langsung bercerita dengan menggunakan tulisan anda tadi, itu akan membuat anda semakin mudah dan bersemangat belajar bahasa arab.

Cobalah untuk menulis cerita dengan menggunakan bahasa arab lalu anda hafalkan sendiri, lalu bisa mencoba untuk menghafalkan pidato berbahasa arab itu akan menambah hafalan pidato anda, itulah salah satu cara belajar bahasa arab dengan artinya.

Atau dengan membuat puisi, sya'ir, pantun dengan menggunakan bahasa arab. Lebih dari sebuah kalimat biasa, itu semua akan menjadikan hafalan bahasa arab anda akan semakin banyak dan luas, bukan hanya bisa bercerita berbahasa arab saja, anda bisa juga berpuisi, bersya'ir, dan berpantun menggunakan bahasa arab, itulah belajar bahasa arab dengan artinya yang lainnya.

Bebas berekspresi

Gunakanlah bahasa arab yang telah anda hafal dengan bebas, bisa dengan bercakap-cakap, berpidato, bercerita, atau bisa dengan menulis puisi, sya'ir ataupun pantun.

Dengan menggunakan cara itu semua, cara belajar bahasa arab dengan artinya bahasa arab anda akan bisa semakin kuat hafalannya, mudah digunakan, dan lancar ketika berbicara.

Atau bisa juga dengan ketika anda melihat sesuatu disekitar anda, buatlah kalimat dari sesuatu tersebut dengan menggunakan bahasa arab yang sudah anda hafal, itu akan mempermudah anda dalam membuat kalimat berbahasa arab.

Selain itu semua, anda bisa mendengarkan seseorang berbicara dengan menggunakan bahasa arab di berbagai media yang anda dapat gunakan, kemudian pahami apa yang ia bicarakan, dari berbagai perkataan yang ada coba artikan kosakata yang bisa anda artikan dan pahami, itu akan membuat anda semakin mudah memahami apa isi dari perkataan seseorang tersebut.

Menghafal dan mengulanginya

Hafalan kosakata sangatlah penting dalam berbahasa arab, bagaimana bisa kita membuat kalimat, cerita, ataupun puisi dengan bahasa arab tetapi kita tidak tahu bahasa arabnya?

Maka disini, menghafal kosakata sangatlah diperlukan, selain bisa mendapatkan banyak kosakata baru, menghafal juga bisa memperkuat ingatan kosakata bahasa arab yang telah dihafal jauh-jauh hari, itu membuat ingatan akan semakin kuat dan tidak mudah lupa.

Setelah menghafal, jangan lupa untuk tetap menggunakannya agar hafalan kosakata tidak lupa dan hilang begitu saja dalam fikiran.

Dan masih banyak lagi cara belajar bahasa arab dengan artinya yang bisa anda lakukan, mari simak cara belajar bahasa arab dengan artinya yang lainnya.

Berdo'a

Setelah itu, jangan lupa bahwasanya Allah ta'ala lah yang memberikan kita kepahaman dan fikiran yang membantu kita dalam mempelajari bahasa arab dengan mudah.

Berdo'a juga membuat kita semakin rendah hati terhadap apa-apa yang kita miliki dari berbagai sisi, seperti keilmuan, harta, ibadah dan lainnya.

Mintalah kepada-nya kemudahan dan kelancaran saat mempelajari bahasa arab, jadikanlah do'a sebagai kebutuhan untuk mendorong proses belajar bahasa arab agar lebih mudah dengan kekhusyu'an dan keikhlasan tentunya.

Tanpa kekuatan do'a yang kita panjatkan kepada Allah ta'ala, lalu do'a siapakah yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita dalam mempelajari bahasa arab selain diri kita sendiri?

Dari berbagai cara yang saya tulis diatas, coba lakukan dengan bertahap mulai dari yang anda kira mudah ke yang lebih sulit menurut anda, itu akan mempermudah anda dalam proses pembelajaran bahasa arab anda.

Mungkin segini aja dulu artikel cara belajar bahasa arab dengan artinya yang bisa anda lakukan, anda bisa baca artikel lainnya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Bahasa Arab dengan Artinya"