Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Arab?

Bagaimana cara belajar bahasa arab
Bagaimana cara belajar bahasa arab
ilmufid.com - Bagaimana cara belajar bahasa arab? Di artikel ini saya akan membahasnya dengan harapan agar anda yang membaca bisa paham dan membantu anda dalam belajar bahasa arab dengan berbagai cara belajar bahasa arab yang saya berikan di artikel ini.

Untuk belajar bahasa arab, apabila anda adalah seorang yang sebelumnya belum pernah sama sekali mengenal apa itu bahasa arab atau apabila anda adalah orang yang baru sedikit tahu dari bahasa arab itu sendiri, maka hal yang paling penting bagi anda adalah mempunyai niat yang kuat.

Kuatkan niat

Niat yang kuat perlu dalam mempelajari bahasa arab, tentunya dengan niat yang tulus karena Allah SWT agar ketika belajar bahasa arab dapat dengan mudah memahaminya karena niat yang tulus tadi.

Niat yang tulus juga diibaratkan seperti penerang, apabila seseorang itu telah memiliki niat yang tulus maka semakin teranglah jalannya ketika dalam mempelajari bahasa arab dan juga hatinya akan semakin mudahnya mengingat Allah ta'ala bahwasanya ia lah yang mempunyai alam semesta ini beserta isi-isinya.

Juga, dengan niat yang kuat dan tulus ketika dalam belajar, maka Allah akan mempermudahkannya karena kita meniatkannya dengan yang baik,

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

"Sesungguhnya segala perbuatan itu bergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkannya." (muttafaqun 'alaih).

Dari sini kita belajar bahwasanya dengan niat yang baik maka kita akan mendapatkan hal atau sesuatu yang baik pula, dan kita tidaklah mengetahui apa-apa yang akan kita dapatkan setelahnya kecuali hanya Allah ta'ala saja, kita hanya bisa berniat dan melakukannya dengan baik saja dan berdo'a kepadanya maka insyaallah ia akan memberikan kita apa yang kita inginkan dari niat yang baik tersebut, jadi sebuah niat adalah hal pokok dari sebuah perbuatan yang menjadi tolak ukur baik buruknya perbuatan tersebut.

Niat juga telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist Imam Baihaqi bahwasanya niat lebih baik daripada perbuatannya.

نِيةُ المُؤْمِنِ خَيْرٌ مِنْ عَمَلِهِ

Artinya: “Niat seorang mukmin lebih utama dari pada amalnya.”

Ingatlah bahwasanya inna a'malu binniyat "sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya" karena ia adalah sebuah inti dari sebuah perbuatan yang hendak dilakukan.

Belajar dengan bertahap

Setelah memiliki niat yang tulus ketika hendak mempelajari bahasa arab, hal selanjutnya adalah dengan belajar.

"Kira-kira, dalam bahasa Arab mempunyai 12 juta kosakata. Semakin banyak kosakata yang dimiliki suatu bahasa, maka bisa semakin jelas pengertian yang akan diantarkannya," kata Prof Quraish.

Bagi anda yang baru saja mempelajari bahasa arab, anda bisa langsung belajar hal-hal dasar terlebih dahulu, seperti :

Menghafal kosakata (mufrodat)

ketika mempelajari bahasa asing hendaknya kita mengetahui beberapa kata dari bahasa asing tersebut, dan bagaimana kita bisa mengetahuinya tanpa menghafal kosakata bahasa asing tersebut, kecuali dengan menghafalkannya? Apalagi dalam bahasa arab yang dimana ia mempunyai sangat banyak penjabaran kata yang dimana sangat perlu dihafalkan, untuk menghafalkan kosakata anda bisa menggunakan kamus arab-indonesia agar bisa mengetahui kosakata bahasa arab dengan artinya, atau buku bacaan arab beserta terjemahannya ataupun berbagai media lainnya yang anda bisa pilih sendiri sesuai keinginan dan kenyamanan anda sendiri.

Mendengarkan

sering mendengar ternyata juga bisa membuat kita untuk mempermudah kita dalam menghafalkan sesuatu, khususnya ketika belajar bahasa arab, ada banyak hal yang bisa anda dengar seperti ceramah bahasa arab, pidato bahasa arab, pelajaran bahasa arab di berbagai media yang anda sukai atau yang anda inginkan.

Membaca

ketika membaca bacaan arab, kita dapat mengenali berbagai tulisan arab yang ada disana, sebelum anda mengetahui arti dari kata-kata disana sebaiknya anda bisa mengenali dan mengetahui apa bacaan arab di bacaan arab (qiro'ah) tersebut, seperti : cerita berbahasa arab, tulisan arab, ceramah bahasa arab, pidato bahasa arab dan sebagainya yang berbahasa arab.

Menulis

selain menulis anda bisa juga mencoba menulis arab di buku catatan anda ataupun media lainnya, sengan menulis anda akan menjadi mengenal bentuk dan bagaimana cara menulis tulisan arab yang benar (khat), untuk menulis tulisan arab anda bisa mencoba menulis cerita pendek, kisah-kisah, pidato, atau kosakata-kosakata baru yang anda ingin hafalkan itu akan membuat anda semakin mudah menghafal kosakata (mufrodat) bahasa arab.

Dari berbagai cara diatas, anda bisa langsung mencoba melakukannya dengan bertahap, agar bisa menyesuaikan diri dengan materi pembelajaran bahasa arab yang ada.

Dekat dengan Al-Qur'an dan hadist

Dengan mushaf Al-Qur'an, yang dimana ia tertulis didalamnya bahasa arab,

إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

"Sesungguhnya kami menjadikan Al-Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memahami-nya." (QS Az-Zukhruf : 3).

Kita akan semakin mempermudah belajar bahasa arab karenanya, karena ia tertulis didalamnya bahasa arab.

Semakin sering membaca Al-Qur'an maka akan semakin mudah juga dalam mengenal bahasa arab, entah itu tulisan, bacaan, dan juga arti atau makna dari berbagai ayat-ayat disana.

Bukan hanya dekat dengan Al-Qur'an saja yang dapat mempermudah anda dalam belajar bahasa arab, namun hadits-hadits Nabi Muhammad SAW juga bisa anda baca juga dihafalkan, dengan begitu belajar bahasa arab akan semakin mudah berkatnya.

Berdo'a

Dalam proses belajar bahasa arab, tidaklah semudah belajar bahasa inggris, tidak hanya bermodalkan hafalan kosakata saja, niat yang kuat dan tulus-pun harus dimiliki ketika belajar bahasa arab.

Dan bagaimana cara agar dapat senantiasa mempunyai niat yang tulus dan penuh semangat apabila kita tidak memintanya kepada pemiliknya, yaitu Allah SWT, juga dilindungi oleh berbagai godaan syaitan yang mengganggu atau menghalangi ketika belajar bahasa arab kecuali hanya kepadanya?

Oleh karena itu, berdo'a mempunyai peranan yang sangat penting bagi kita semua, dan juga bagi anda yang baru memulai belajar bahasa arab agar terus dimudahkan dalam mempelajari dan memahami sebuah bahasa yang mulia ini, yaitu bahasa arab, juga berdo'a agar selalu diberi kesehatan dan keimanan yang selalu bersama diri kita sendiri untuk beribadah kepadanya.

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita belajar bahwasanya belajar bahasa arab merupakan sebuah kewajiban seorang muslim yang dimana ia adalah sebagai bagian dari agama kita, islam.

Dan ketika belajar bahasa arab agar semakin mudah dan cepat dibutuhkan yang namanya do'a, karena kita sebagai manusia hanyalah bisa merencanakan dan melakukan sesuatu dan yang memberikannya kepada kita hanyalah Allah SWT semata bukan yang lain.

Tentunya semua itu didasari oleh niat yang tulus agar semua pekerjaan menjadi berkah dan bermanfaat bagi anda dan kita semua, dan juga dalam belajar bahasa arab.

Sampai disini dulu artikel tentang bagaimana cara belajar bahasa arab, dengan beberapa contoh diatas, manakah yang anda ingin lakukan? Lakukanlah sesegera mungkin agar anda tidak lupa karena ditunda terlalu lama, ingatlah bahwasanya waktu adalah pedang, apabila anda tidak menggunakannya dengan baik maka ia akan menebasmu dengan tajamnya.

Untuk artikel-artikel lainnya tentang berbagai macam tentang bahasa arab bisa anda baca lainnya. Jazakallah khairan...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Belajar Bahasa Arab?"